Welcome to my blog >>> Cakrawala82

20 Kuliner Surabaya Yang Populer Dan Nampol Di Lidah


Cakrawala82. Food Traveler, Surabaya sungguh mengangumkan! huhhh, kalau bahas kuliner memang tidak ada bosennya dan habisnya ini sama aja kayak emak-emak ngerumpi di depan rumah tetangga pasti ada aja bahasanya. di tambah bahas mengenai kuliner di Surabaya, sudah lengkap pembahasan seru kali ini.

Salah satu kota terpoluler dan juga maju di Indonesia, Surabaya memiliki banyak daya tarik tersendiri memang. nah kali ini saya akan bahas kuliner-kuliner Surabaya yang Nampol dan nagih di Surabaya. semoga artikel ini bisa menjadi refrensi buat kamu yang mau ke Surabaya atau memangsudah Di Surabaya dan pengen icip-icip kuliner khas Surabaya yang nampol-nampol. yuuuk ahhh, baca di bawah ini:


1. Sate Lisidu
Sumber
Kuliner Surabaya yang nomor 1 jatuh kepada SATE LISIDU, asli dari Surabaya dan hanya ada di Suroboyo, nyesel banget kalo ke Surabaya tapi tidak mencoba icip-icip sate lidi ini.

Tersaji bersih dan bentuk dagingnya yang pipih membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging satenya. bersih ini karena teknik dari pengipasan satenya dari bawah keatas jadi arang-arang tidak berkuasa untuk menempel didagingnya, apa sih hahahha. tapi ini serius daging sate lisidu emang bersih. selain itu, kuah cacangnya yang juga terasa berbeda dari sate-sate lainnya. dibuat dari racikan kacang tuban yang disangrai, behhh rasa manisnya nagih sempurna. kemudian dari keseluruhan pilihan sate berbahan ayam ini, anda bisa memilih misal mau sate kulit ayam, jeroan, dagingnya serukan, cobain atuh buruan.

Penasaran mau nyoba, datang aja langsung ke tempat Sate Lisidi. gampang banget nemuinnya, ada di tengah-tengah kota, tepatnya di jl. kutai no.53-c, Darmo, Wonokromo kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. nah loh lengkap alamatnya. selamat mencoba dan menikmati yaa,,,,

2. Sate Klopo

Sumber
Kuliner Surabaya kedua masih bertender di jenis sate-satean nih. makanan favorit saya, saya selalu paling dosan dengan jenis-jenis sate nusantara. curhat sedikit. nah sebagai keturunan Jawa yang dilahirkan di Sumatera saya harus tetap menjadi tradisi dan budaya adat Jawa, sampai dari segi bahasa. walaupun bahasa Jawa versi kasarnya yang hanya saya bisa. okeh, kalo kita artikan nih food traveler, sate klopo, ini terdiri dari dua suku kata "sate" dan "klopo" nah pasti yang selain orang jawa, pada bingung nih apasih "klopo". nah jadi klopo ini artinya adalah kelapa. wahhh berarti satenya dibuat dari kelapa dong?? engak satenya masih dibuat dari daging kok.

Sate klopo ini masih dibuat dengan daging yaa, cuman memang di campur dengan lemak dan jeroan sapi. nahh mantapkan. kenapa kok namanya sate klopo? iya ini karena sebelum dibakar sate ini di lumuri oleh parutan kelapa, begitu. soal rasa, ngak usah ragu nampol di lidah dan nagih deh. cobain deh,,,

Penasaran?? banyak banget nih penjualnya di Surabaya. eitt, tapi ada satu tempat yang sudah populer banget nih unutk icip-icip sate klopo neng Suroboyo. yaitu di  warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya.

3. Sate Karak

Sumber
Kuliner Surabaya ke tiga, masih tentang sate. three sate nampol yee judulnye! tapi yang ketiga ini, beda banget nget dari sate-sate lainya. dan memang keberadaannya cukup langka. Di Surabaya sendiri kalo anda mau icip-icip sate karak ada di JL. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Semampir Kota Suroboyo.

Unik, sate karak ini di buat dari usus kemudian disajikan dengan nasi ketan hitam yang biasa disebit karak. dan kemudian ditaburi dengan kelapa diatasnya. duuuhh, penasarankan. monggo langsong di cubo...

4. Rujak Cingur

Sumber
Kuliner Surabaya murah meriah, enak dan nampol. ada rucak cingur. paling terkenal kelezatannya nih di Surabaya, rujak cingur Ahmad Jais.

Khas dan rasa yang pas serta nampol, rujak cingus yang langsung diulek oleh Nyonya Giok Tjoe, beehhh penasaran pengen cobain rasa lezatnya. monggo langsong ke tkp...

5. Tahu Campur Kalasan

Sumber
Kuliner Surabaya di deretan lima, murah meriah, nampol gitu deh kira-kira kata-kata pertama untuk gambarin bagaimana Tahu campur kalasan ini. di olah dari perpaduan bahan daging sapi, sop, perkedel, tahu goreng, selada dan bahan-bahan rempah lainnya. duhhh sempurna deh kamu tahu campur kalasan.

Pengen coba??? datang langsung ke jl. kalasan no. 22 tambak sari dengan menu andalannya, pastinya yaa tahu campur kalasannya yang nampol di lidah .

6. Rawon

Sumber
Kuliner Surabaya ke-6 ada rawon yang sudah sangat terkenal. hihihi, ini beneran deh! ada salah satu tempat dimana rawon olahanya menjadi sangat favorit. yaitu rawon Pak Pangat.

Sajian berkuah semacam soto namun memiliki warna kuah yang hitam pekat ini nyatanya sangat lezat.  warna hitam yang timbul karena penggunaan bumbu bernama kluwek ini semakin membuat nikmat rawon. rasa jeroan yang ditambahkan menjadi perpaduan nikmat yang nampol tiada bandingan. huhuhu...

Yuuuk ahh cobain rawonnya, ada di deretan ruko lotus jalan ketintang baru selatan 1/15 yang merupakan salah satu tempat terkenal di kawasan Masjid Agung Surabaya.  buka di jam 6 pagi sampai jam 9 malam. goes kesana langsung,,, rasakan nikmatnya menyatap sajian rawon.

7. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Sumber
Selanjutnya, ada kuliner Surabaya yang lengendaris dan rasanya nampol, yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Kenapa disebut legendaris? iya, percaya ngak percaya kenyataannya lontong garuda pak gendut ini sudah berdiri dari sejak 1956, hem wow. bayangin aja bagaimana khas lezatnya lontong yang ada disini kalau sudah ada dari tahun 1956 dan sampai sekarang masih selalu diburu para penikmat kuliner.

8. Bebek Palupi

Sumber
Kuliner Surabaya selanjutnya, ada bebek palupi. yap yang pasti menu andalan dari tempat makan bebek palupi adalah cita rasanya dari olahan bebek yang nampol dilidah. ada bebek goreng dan bebek bakar yang super lezat di sini yang yeng tentunya siap unutk anda santap. ada bumbu kuning yang menyelimuti bebek sebelum di bakar atau digoreng, dengan hasil akhir bebebk yang sangat lembut. nah loh,,,

Pengen dan penasaran gimana nikmatnya bebek palupi? datang langsung ke Jl. Raya Rungkut Asri Tengah No..10, Surabaya.

9. G-Walk Surabaya

Sumber
Kuliner Surabaya selanjutnya ada di sebuah tempat yang namanya G-Walk. yap jadi G-Walk ini bukan sejenis makanan atau minuman tapi kawasan yang banyak banget menyedian tempat-tempat kuliner yang nampol-nampol dan tempat ini menjadi tempat favorit nongkrong arek-arek Suroboyo. ayoo siapa yang mau gabung dan nyari gebetan arek-arek Suroboyo? monggo langsung ke sini aja ya.

Mengusung konsep yang menyerupai Clarke Quay sebagai pusat hiburan dan sekaligus kuliner populer di Singapura G-Walk Surabaya menjadi sangat ramai pengunjung. buka pada malam hari saja. dibuka dengan jalur yang masing-masing panjangnya sekitar 1 km, di jalur pertama dengan suasana tentram dan cahaya temara. dengan hidangan yang disajikan ala barat. kemudian di jalur kedua dengan suasana  yang lebih meriah dan terang dengan lampu-lampu neon dengan hidangan ala Nusantara. tinggal pilih.

10. Nasi Goreng Jancuk

Sumber
Menikmati nasi goreng emang bisa di mana saja, diseluruh Indonesia juga gampang dan mudah ditemuin. tapi ada yang istimewa dengan kuliner Surabaya yang satu ini. nasi goreng jancuk, alah satu kuliner Surabaya yang patut anda masukkan dalam daftar icip-icip saat anda ke Kota ini.

Jancuk, iya ini sebenernya umpatan ya tapi kemudian menjadi nama sebuah manakan, bagimana ceritanya? jadi begini awalnya sang koki yang membuatkan menu makanan nasi goreng untuk teman-temannya sengaja menambah cabe rawit dengan jumlah yang banyak, jadi ketika teman-temanya mencoba nasi goreng itu, mereka mengumpat Jancuk, pedas cuk. begitulah, dan kemudian jadilah nasi goreng jancuk yang populer ini. dan untuk menikmati nasi goreng ini datanglah ke Royal Plaza di Surabaya.

11.Soto Lamongan Cak Har

Sumber
Yang juga harus anda masukkan kuliner Surabaya dalam daftar icip-icip anda ada soto lamongan cak har. penikmat sajian berkuah, soto lamongan cak har akan mebuat lidah anda bergoyang.

Sajian kuah soto yang dicampur dengan santan sehingga ada rasa gurih saat kuah mendarat di lidah. kemudian ada pilihan bahan-bahan soto yang bebas anda pilih, bisa pilih ceker,daging ayam, jerohan dan brutu. mau cobain? datang aja ke Jl. Ir. Soekarno, Surabaya.

12. Kepiting Cak Gundul 1992

Sumber
Kuliner Surabaya di urutan ke 12 ada seafood, ayoo ayoo yang pencinta seafood merapat. hihihi. yaps, kepiting cak gundul emang sudah sangat populer sekali. sesuai namanya kepiting cak gundul ini sudah ada sejak 1992 loh dan masih eksis malah semakin ramai penggemarnya.

Menu populer dari kuliner Surabaya yang satu ini adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. nah loh, ngiler dah saya. upps ada yang doyan kepiting? tenang saja ada olahan seafood lainnya disini, ada sajian olahan ikan, udang, kerang, cumi dan olahan nampol lainnya. langsung aja datang ke jalan kupang indah, buat serbua olahan seafood yang nampol-nampol ini di Surabaya dah.

13. Nasi Cumi Surabaya

Sumber
Nasi cumi, kuliner Surabaya yang buka di saat malam ini sudah menjadi favorit banyak kalangan. tiga varian yang mampu membuah lidah para penikmat makanan nusantara bergoyang. ada nasi cumi peyek, nasi komplit dan nasi campur yang sumper lezat.

Pensaran sama nasi cumi?? datang langsung ke depan pasar atom di jalan waspada, Surabaya. nikmati sensasi dari kelejatan seporsi nasi cumi Surabaya.


14. Sego Sambal Wonokromo Mak Yeye

Sumber
Kuliner Surabaya yang satu ini sangat unik, anda jika ingin menikmati seporsi sego sambal yang nampol alias nasi sambal yang ueenak anda harus sabar menunggu sego sambel Wonokromo Mak Yeye buka. bukanya di jam 22-4. udah gitu harus sabar ngantri, maklum pengunjungnya rame. lezaatt sudah barang pasti.

Memang bila dilihat menunya sederhana ya, tapi soal rasa tiada duanya deh nampoll banget.  ada sajian sego sambel dengan lauk iwak pari yang dibaluri sambal merah, menggoda. tapi kalo ngak doyan ikan pari tenang aja masih ada varians lauk lainnya.

Pengen, sama saya juga jadi lapar. datang buruan ke Jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

15. Menikmati Kuliner Lezat Di Warung Bu Kris

Sumber
Yuuuuk yang hobby penyet-penyet mari merapat ke warung bu kris, di Jalan Manyar Kertoajo IV/23 Surabaya. banyak varian olahan serba penyet disini. ada ayam, udang, gurame, tahu dan tempe dan masih banyak lagi menu yang enak-enak disini.

Karena kelezatannya, jadi banyak banget pengunjungnya yang rela antree untuk mendapatkan seporsi makanan lezat di warung bu kris ini. sabar antree tu. menikmati seporsi ayam penyet atau gurame dengan sambal yang menggoda, salah satunya ada sambal pencit teri medan, behhh bikin laper aja. ditambah menikmati segelas, dawet atau es cincau segar. berrrr buru deh kesana.


16. Warung Leko

Sumber
Yukk pencinta daging, kesini. ada banyak varian makanan di Warung Leko. ada di  Jalan Manyar Kertoajo V/9 Gubeng, Surabaya.

Ada beberapa menu favorit di sini yang pastinya bisa jadi refrensi anda semua yaitu iga penyet, sop iga, iga goreng tepung, dan babat penyet. soal tekstur tidak usah kawatir, empuuuk. varian sambelnya anda tinggal pilih, suka pedes, sedang atau ekstra pedes. atau mau yang serba penyet, ada. warung ini juga menyediakan tempe penyet, bandeng penyet, otot penyet, dan masih banyak lainnya. langsung aja dah dicobain dan rasakan nampolnya. 17. Pakuwon Food Festival

Nah, kalo ini tempat kuliner Surabaya yang banyak banget tersedia makanan lezat dan nampol ya. ada banyak banget stand makanan enak yang siap memanjakan lidah anda semua. banyak sekali varian makanan yang ditawarkan, Variasi yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari makanan tradisional Jawa Timur hingga makanan internasional, juga termasuk dessert.

Ada di Jalan Kejawan Putih Mutiara X, Mulyorejo, Surabaya. dan buka di jam 17.00 sampai 24.00, enak tuh sambil jalan-jalan dan kenalan sama arek-arek Suroboyo.

18. Depot Bu Rudy

Sumber
Ada di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya, depot bu rudy ini selalu ramai pengunjung, menu favoritnya adalah seporsi nasi hangat yang pulen dengan lauk udang tepung goreng yang renyah, empal yang empuk dengan bumbu meresap, dan sambal bawang Bu Rudy yang sudah sangat terkenal. buruan dehh nikmati kelezatannya.



19. Es Krim Zangrandi

Sumber
Nah kali ini ada menu seger yang juga harus anda masukan ke dalam daftar menu icip-icip kuliner Surabaya. ada es krim Zangrandi yang bisa meredam cuaca panas saat anda di Surabaya. apalgi rasanya yang lezat, yummy.

Soal kelezatan es krim ini sudah tidak diragukan, pasalnya es krim ini sudah ada sejak 1933 dan yang uniknya lagi bangunan dengan nuansa eropa masih di pertahankan, sehingga terlihat sangat menarik.

20. Warung Bebek Tugu Pahlawan


Sumber
Kuliner Surabaya yang ke-20 ada Warung Bebek Tugu Pahlawan, sudah sangat terkenal di kalangan arek Suroboyo. makanan nya lezat walaupun sederhana tapi nagih. lokasinya pun mudah, berada tepat di seberang tugu Pahlawan.

Mulai buka sejak jam 6 sore dan selalu ramai pengunjung, ngak percaya datang aja sendiri. hihihii,,, ingat sabar antrii yaa.

Oke, itu adalah 20 Kuliner Surabaya Yang Populer Dan Nampol Di Lidah Yang Harus Di Coba rekomendasi dari saya. dan memang harus diakui bahwa sebenernya masih banyak banget kuliner Surabaya yang enak-anak lainnya. selamat berwisata kuliner Surabaya.

0 Response to "20 Kuliner Surabaya Yang Populer Dan Nampol Di Lidah"

Posting Komentar