Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Ragam Budaya Jambi



Salam sejahtera untuk anda, dimanapun berada,,

Kali mari kita lihat keaneka ragaman dari salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera yaitu provinsi Jambi.

Jambi, adalah salah satu provinsis di Indonesia yang memiliki nama yang sama antara ibu kota dengan nama provinsinya. jadi kita tahu provinsi Jambi memiliki ibu kota dengan nama kota Jambi. baiklah, selanjutnya mari kita lihat bagaimana kebudayaan yang di miliki oleh Jambi, dari segi bahasa, lagu daerah, rumah adat dll. berikut ini ulasannya ;

1. Suku
Sama seperti di daerah-daerah lainnya di Indonesia, yang biasanya terdapat banyak suku dengan ciri masing dai satu daerah. di Jambi ada beberapa suku berikut ini yang merupakan suku asli Jambi. Suku dan marga yang terdapat di Jambi yaitu suku Melayu, Kerinci, Kubu, Penghulu, Bajau, Batin, dan lain sebagainya.

2. Bahasa Daerah
Untuk bahasa tentunya selain bahasa Indonesia. ada bahasa daerah yang merupakan ciri khas dari budaya Jambi, terdapat juga beberapa bahasa daerah seperti berikut ini : Melayu, Bajau, Kubu, dan lain-lain. untuk bahasa melayu sendiri, memang sebenarnya semua juga seudah menjadi bahasa dan suku bagi masyarakat yang tersebar di seluruh pulau Sumatera, akan tetapi memang mungkin memiliki perbedaan, pelafalan atau lainnya.

3. Agama
Mayoritas agama yang di anut oleh masyarakat Jambi adalah Islam, akan tetapi juga ada pemeluk agama lain selain Islam yaitu ada agama  Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khong Hu Chu.

4. Lagu Daerah
Lagu daerah dari Jambi adalah lagu dengan judul "Batang Hari".

5. Rumah Adat
sumber
Rumah adat dari Jambi yang di sebut dengan sebutan Rumah "Kajang Lako". rumah Kajang Lako ini sendiri berbentuk panggung. dan rumah adat Kajang Lako merupakan rumah sebagai tempat tinggal yang memiliki 8 bagian. diantaranya, bagian pertama ruangan yang disebut Jogan yang berfungsi untuk istirahat dan menaruh air, di bagian kedua di sebut ruang serambi depan yang di peruntukan sebagai ruang tamu laki-laki dan juga tempat mengaji anak laki-laki, ke tiga yang disebut serambi dalam yang berfungsi sebagai tempat tidur anak laki-laki, ke empat yaitu Ameben Melintang yang merupakan kamar bagi pengantin, kelima adalah serambi belakang ini di fungsikan sebagai kamar tidur bagi anak-anak gadis, kemudian ke enam adalah Ruang Laren ini di gunakan sebagai tempat tamu bagi anak-anak gadis dan sebagai tempat kegiatan anak-anak remaja putri, selanjutnya bagian tujuh adalah Garang tempat ini di gunakan untuk kegiatan menumbuk padi dan sekaligus sebagai tempat penampung air,yang ke delapan adalah dapur, kemudian terkadang juga ada ruangan Tengganai yaitu ruagan yang digunakan sebagai pertemuan adat yaitu pertuan ninik mamak.

6. Pakaian Adat
sumber
Secara keseluruhan modeh pakaian adat dari Jambi adalah baju kurung, untuk spesifikasinya pakaian adat yang di gunakan pria adalah dengan penggunakan mahkota dan kalung bersusun, kemudian memakai pending beserta keris yang di letakan di depan bagian perut dan juga gelang emas di bagian kedua tangan, untuk baju dan celananya yang di lengkapi dengan kain songket setengah badan. sementara untuk wanita sama dengan aksesoris penggunaan pada peria, bedanya wanita tidak menggunakan keris saja.

7. Tari-Tarian Jambi

Tari Sekapur Sirih (sumber)
Jambi memili beberapa jenis tarian daerah, berikut adalah tarian dari Jambi ada tarian "Sekapur Sirih (tarian persembahan), tari Selampit (tarian perkumpulan anak muda), tari Rangguk (tarian yang digunakan untuk menyambut tamu), dan tarian Skin (merupakan tarian kreasi).

8. Senjata Tradisional
Keris (sumber)
Senjata tradisioanal adalah, keris, Tombak, Pedang dan Sumpit. untuk kerisnya memiliki bentuk ada keris yang lurus dan juga yang berliuk liuk.

Itulah ulasan singkat dari kami mengenai kebudayaan yang ada di Jambi. jika teman-teman ada yang ingin menambahkan atau memberi saran silahkan tulis di kolom komentar yaa 👇👇😀😁

0 Response to "Ragam Budaya Jambi"

Posting Komentar