Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Resep Masakan-Dendeng Ragi Enak Dan Mudah



Olahan daging memang bisa di buat berdasakan selera masing-masing individunya yaa, sedikit berbagi cerita bagaimana saya jatuh cinta dengan olahan daging yang dibuat dendeng ragi. saya mengenal makanan dendeng ragi ini saat saya masih kuliah dan saya sudah selesai kuliah sekitar setahun setengahhan lah, awalnya saat itu saya bermain kerumah nenek saya di hari raya idul adha kebetulan si mbah saya ini sedang nyuci daging katanya mau di bikin dendeng ragi. saya penasaran dan memang belum pernah tahu dan memakannya. saya pantengin dari mulai buat bumbu sampai mateng sampai kemudian menyicipi, dan iya saya jatuh cinta dengan rasa olahan daging dendeng ragi ini.

Singkatnya sejak saat itu saya suka dengan makanan ini, kemudian dirumah saat emak saya membeli daging saya praktekkan dirumah sendiri dan bersyukur karena resep yang saya jiplak dari si mbah saya saat saya praktekkan pun terasa enaknya. kalau saya hitung-hitung sejak saat itu sampai sekarang sudah tidak terhitung banyaknya berapa kali saya masak sendiri dendeng ragi dirumah.


Baiklah bagi kalian yang juga jatuh cinta dengan cita rasa olahan dendeng ragi ini saya akan berbagi kenikmatan resep dendeng ragi kepada anda. berikut>>>>

Untuk :
1. 500 gram daging
2. 1 buah kelapa utuh dan parut / gilingkan
3. ketumbar 1 sendok makan (bisa di atur sesuai selera masing-maisng)
4. kemiri 3 buah (atau sesuaikan selera anda)
5. bawang putih 5 buah (atau sesuaikan selera)
6. bawang merah 15 buah 7 buah untuk digiling dan sisanya di iris kemudian di goreng
7. lengkuas secukupnya atau cukup 2 cm
8. jahe 1 cm
9. sereh 1 buah
10. daun salam 3 lembar
11. daun jeruk 2 lembar
12. cabe (bila anda suka pedas bisa anda tambahkan sesuai selera)
15. sedikit merica bulat
16. asam jawa 2 biji
17.  gula merah 3 sendok makan (atau sesuai selera anda)
18. garam(sesuai selera)
19. sasa (sedikit/sesuai selera anda)
20. dan bila ada sedikit roiko sapi

Cara mengolahnya >>>

Pertama potong dan bersih kan daging kecil-kecil saja kemudian sisihkan, mulai racik bumbu-bumbu untuk dendeng ragi sebagai berikut. haluskan ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, jahe, cabe dan merica jangan lupa berikan sedikit garam kemudian jika sudah halus tambahkan sasa, asam jawa jika sudah sisihkan dan jangan lupa geprek lengkuas dan serehnya. selesai membuat bumbu, goreng terlebih dahulu kelapa yang sudah di parut hingga warnanya kuning atau coklat merata. jika sudah selesai lanjut anda sedikit haluskan kelapa yang sudah anda goreng.

Kemudian setelah selesai meracik bumbunya, pertama siapkan bawang merah yang sudah anda iris tipis dan goreng hingga harum jika sudah lanjut masukan bumbu yang sudah di racik beserta sereh, daun salam, lengkuas dan daun jeruknya dan asam jawanya. oseng-oseng hingga bumbu harum, jika sudah anda masukan daging satu persatu aduk rata dengan bumbu kemudian kasih air untuk mematangkan daging.

Terakhir, jika air sudah mulai kering cicipi rasanya dan tambahkan apa yang kurang sesuai selera anda. jika sudah masukkan kelapa serundingnya aduk merata dengan daging tunggu hingga agak sedikit kering (atau sesuai selera anda) dan terakhir cicipi kembali jika sudah maka sajian dendeng ragi sudah siap untuk anda nikmati.

Selamat mencoba, semoga berhasil....

0 Response to "Resep Masakan-Dendeng Ragi Enak Dan Mudah"

Posting Komentar