Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Hidup Adalah Ibarat Menanam Pohon-Tanamlah Pohon Yang Berbuah Manis



Belajar Memahami Arti Hidup-Dalam Hidup Tanamlah Pohon Yang Berbuah Manis Agar Dapat Merasakan Nikmat Manisnya,,

By : Susi Hastuti


Via : www.atzmut.com
Hidup, sebuah perjalanan yang sebenarnya singkat namun sering di salah artikan dan membingungkan. tidak semua orang di dunia ini paham dan perduli bagaimana dia harus hidup berdasarkan aturan dan hakekat hidup yang baik. banyak persoalan hidup yang membingungkan dan menyedihkan terkadang. sebenarnya hidup adalah mudah dan singkat saja.

Tapi, sesingkat ini hidup ternyata tidak membuat kesadaran yang mendalam bagi setiap kita untuk melakukan yang baik-baik saja dalam hidup ini, termasuk saya. terkadang kelemahan dalam mengambil kebijakan dan bersikap membawa pada prilaku yang menyakiti perasaan orang lain tanpa kita sadari.

Tentu, saya, anda dan kita semua tahu bahwa hidup ini akan berarti jika kita bisa berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain. tapi tentu juga kita sadar tidak semua orang iklas dan mau untuk melakukannya. sebenarnya ini tergangung pilihan kita saja, jika kita mau maka tidak akan ada kata sulit untuk melakukannya.

Jika sedang berkuasa, memiliki tahta harta kita sering merasa kejayaan dan kekuasaan akan ada dan melekat selamanya dalam ini. padahal, setan telah memburu nafsu dan menguasai diri kita. sesat sudah pasti menjadi sahabat kita.  berprilaku seolah menjadi penguasa dan menindas semaunya adalah kesalahan dan prilaku hina yang tanpa sadar telah menjadi sumber kehancuran manusia itu sendiri. apa yang terjadi dalam hidup kita ini adalah berdasarkan amalan yang telah kita perbuat.  berbuat amalan baik walaupun 1 amalan saja maka akan di balasan berlipat kebaikan. tapi jika beramalan keburukan maka juga akan ada balasan keburukan yang akan terjadi dalam hidup ini. 


Sebagai manusia yang tentunya harus terus belajar, sesuai kodratnya hendaknya dapat menjadi manusia yang selalu bisa melakukan amalan-amalan baik. harus kita berpikir panjang sebelum berbuat. karena dengan kita menyakiti perasaan orang maka perasaan kita juga akan disakiti oleh orang lain entah kapan dan kepada siapa memberikan lantarannya. tapi pasti, tidak mungkin tidak.

Kalau kita dapat mengambil pelajaran hidup dari sebuah keadaan, hidup itu adalah ibarat menanam pohon. kalau kita menanam satu biji pohon yang bermuah manis maka kita suatu saat akan dapat merasakan nikmatnya manis dari buah yang pohonnya telah kita tanam. dan sebaliknya, jika kita menanam satu batang pohon yang berbuah pahit pasti suatu saat kita akan mendapatkan hasil dari panen si buah yang pahit tadi. Untuk itu tanamlah pohon yang berbuah manis agar dapat merasakan nikmat manisnya.


Jikapun kita ingin hidup terasa lebih sejuk dan teduh sehingga damai, maka ibarat menanam pohonnya jangan lupa anda menanam pohon yang daunnya lebat dan rantingnya banyak agar anda dapat merasakan nikmatnya berteduh di bawahnya. tanah gersang itu karena tidak ada tanamannya sehingga menjadi panas dan gersang. seperti hidup, hidup terasa gersang dan hampa karena tidak ada tanaman yang kita perbuat yang dapat menumbuhkan pohon-pohon kehidupan dalam hidup kita sendiri. 

Tidaklah akan terpuji kita walaupun bertahta dan berharta jika prilaku kita menggunakan harta dan tahta sebagai alat untuk menindas dan menyakiti orang lain. haram bagi manusia meminum darah saudaranya sendiri. jangan bunuh diri dengan cara menyakiti dan menindas orang lain. sebaik-baiknya orang adalah dia yang dapat meminta maaf dan pemberi maaf, urusan lainnya soal salah dan benar adalah urusan Tuhan.

0 Response to "Hidup Adalah Ibarat Menanam Pohon-Tanamlah Pohon Yang Berbuah Manis"

Posting Komentar