Welcome to my blog >>> Cakrawala82

PENGERTIAN DAN TEORI TENTANG PENDAPATAN





PENGERTIAN DAN TEORI TENTANG PENDAPATAN

Pendapatan
Pendapatan secara umum merupakan penghasilan yang diterima baik berupa gaji atau upah, pendapatan   dari   usaha,  maupun   pendapatan   dari yang lainnya. Dalam pengertian pendapatan pribadi, pendapatan diartikan sebagai  semua jenis pendapatan, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa memeberikan sesuatu kegiatan apapun, yang diterima oleh penduduk suatu negara (Sadono Sukirno,1995 : 49).
Tingkat   pendapatan   digunakan   sebagai   penilaian   penting dalam penerimaan jumlah kredit yang diminta, karenan dari   pendapatan tersebut akan terlihat seseorang dalam mengembalikan kredit tersebut nantinya, hal tersebut akan menjadi pertimbangan pihak kreditur untuk penentuan besar kecilnya kredit yang disesuaikan dengan tingkat pendapatan debitur agar proses pengambilan kredit dapat berjalan dengan lancar.
Pendapatan keluarga ditinjau dari periode waktu penerimaan dan jumlahnya di golongkan menjadi dua kelompok:
1.    Pendapatan (penghasilan) tetap
Pendapatan tetap yaitu pendapatan yang bisa diukur peroide penerimanya (rutin) dan jumlah yang diterimanya. Dalam hal ini termasuk gaju dan pasangan anda, honor tetap, tunjangan tetap, dan lain sebagainya. Yang tergolang kedalam pemasokan tetap periode penerimaan bisa bersifat mingguan, bulanan maupun dalam bentuk tunjangan (THR), pensiun dan lain-lain.
2.    Pendapatan tidak tetap
Pendapatan tidak tetap yaitu arus kas masuk tetapi dalam setiap periodenya (tidak rutin) maupun jumlahnya seperti komisi,bonus dan lain sebaginya. (Surono:2008)
Pendapatan seseorang juga didefinisikan banyaknya penerimaan yang dinilai dengan satuan mata uang yang dapat dihasilkan seseorang atau suatu bangsa dalam periode tertentu. Reksopratitno mendifinisikan “ pendapatan (reveneu) dapat diartikan sebagai total penerimaan yang diterima pada periode tertentu”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendapatan adalah sebagai jumlah penghasilan yang diterima oleh para anggota masyarakat pada jangka waktu tertentu sebagai balas jasa atau faktor-faktor produksi yang telah disumbangkan.
Pendapatan masyarakat adalah penerimaan gaji atau balas jasa dari hasil usaha yang diperoleh individu atau kelompok rumah tangga dalam satu bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan pendapatan usaha sampingan pendapatan tambahan yang merupakan penerimaan lain dari luar aktifitas pokok atau pekerjaan pokok. Pendapatan sampingan yang diperoleh secara langsung dapat digunakan atau menunjang pendapatan pokok.
Menurut Boediono pendapatan seseorang dapat di pengaruhi oleh faktor-faktor:
1. Jumlah faktor-faktor produksi yang di miliki yang bersumber pada hasil-hasil tabungan tahun ini dan warisan atau pemberian.
2. Harga perunit dari masing-masing faktor produksi, harga ini ditentukan oleh penawaran dan permintaan di pasar faktor produksi.
3. Hasil kegiatan anggota keluarga sebagai pekerjaan sampingan.

0 Response to "PENGERTIAN DAN TEORI TENTANG PENDAPATAN"

Posting Komentar