Welcome to my blog >>> Cakrawala82

10 Objek Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Bukit Tinggi


Bukit Tinggi, Kota yang terletak di Bagian utara Sumatera Barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan berbagai macam tawaran kuliner yang sungguh enak. kota Bungkit Tinggi ini memiliki udara yang sejuk, serta ramai di kunjungi para pelancong saat musim liburan tiba.kamu yang suka melancong wajib memasukan Kota Bukit Tinggi sebagai salah satu Kota tujuan kamu nantik saat mau liburan. 10 tempat wisata di Bukit Tinggi yang menarik untuk kamu kunjungi :

1.Jam Gadang
Source
Dibangun tahun 1926 dan sudah di pugar beberapa kali. Pada masa Belanda bentuk kubanya bulat dan pada zaman pendudukan jepang diubah menjadi bentuk pagoda. Dan setelah Indonesia merdeka barulah kuba jam Gadang diubah menjadi bentuk gonjong khas Minagkabau.

Jam gadang, dengan menara setinggi 26 meter ini merupakan ikon-nya Kota Bukit Tinggi yang sudah amat terkenal sekali di seantero Indonesia. belum akan lengkap kamu ke Bukit Tinggi sebelum kamu Berfoto di jam gadang. selain itu, disekitaran jam gadang juga banyak sekali temapat penginapan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah yaa, seru tuh kalau malam sebelum tidur bisa jalan menikmati pesona jam gadang dimalam hari sambil mencari-cari makanan ringan untuk menami malam. coba aja, seru deh!!

2. Pasar Bukit Tinggi
Source
Buat yang hobby belanja atau mau beli oleh-oleh, mampir kepasar ini. lokasinya ada dibelkang Jam gadang. uniknya pasar ini terbagi menjadi 3 bagian, ada baigian pasar atas, lereng dan pasar bawah.dandari masing-masing benda yang di jual ini berbeda-beda, di bagian pasar atas ini kamu akan mencupai banyak penjual macam-macam pakaian samapi sulaman khas padang juga bisa kamu dapatkan disini. selanjutnya di pasar bagian lereng kamu akan jumpai banyak penjaja kuliner atau oleh-oleh khas dari Sumatera Barat, diantaranya adalah dadiah, karakaliang, keripik balado, sampai dengan souvenir,dengan macam-macam aneka dan disini merupakan tempat favorit saya kalau berkunjung ke pasar ini.terakhir bagian bawah, kamu akan jumpai banyak pedagang yang menjual beraneka macam sayur mayur beserta buah-buahan segar, tak ketinggalan bumbu jadi yang dapat dipakai untuk membuat beragam jenis masakan padang yang enak, tuh yang hobby masak mampir yaa. nyesel loh nantik kalau ngak mampir.

3. Janjang Ampek Puluah

Source
Tempat wisata di Bukit Tinggi selanjutnya, ada Janjang Ampek Puluah.kalau dalam bahasa Indonesia nih artinya anak tangga yang jumlah 40, wowww keren!! yang punya berat badan akan lebih siapin energi yaa sebelum menaiki Janjang Ampek Puluah,hehehe. fungsi dari tangga ini untuk menghubungkan anatara pasar bawah dengan pasar atas, jadi lokasi tempat wisata Janjang Ampek Puluah di Bukit Tinggi ini tidak jauh dari sekitaran jama gadang dan pasar Bukit Tinggi.kenapa kamu harus berkunjung Janjang Ampek Puluah kalau ke Bukit Tinggi?? selain lokasinya tidak jauh dari jam gandang dan Pasar wisata Bukit Tinggi, tangga ini tuh terbilang unik. karena dari kejauhan kamu bisa menikmati pemandangan pasar wisata Bukit Tinggi, selanjutnya kamu bisa berfoto disini, dijamin pemandangannya bagus banget.

4. Istana Bung Hatta

Source
Istana Bung Hatta atau yang dikenal dengan Gedung Negara Tri Arga ini lokasinya tepat ada dekat taman Jam Gadang.Pada zaman dulu, Istana Bung Hatta dimanfaatkan sebagai istana wakil presiden pertama Indonesia yaitu pada tahun 1946, selanjutnya pada tahun 1947 Istana Bung Hatta digunakan untuk Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Nama gedung yang diganti jadi Istana Bung Hatta dengan tujuan untuk mengenang jasa Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia.

Tapi syangnya, sekarang Istana Bung Hattta ini tidak di buka buat umum yaa, hanya untuk seminar atau pertemuan-pertemuan tingkat nasional saja. tapi jangan kecewa dulu, karena lokasinya dekat jam gadang jadi kamu bisa jalan kaki sebentar ke Istana Bung Hatta untuk sekedar mengabadikan moment kamu. kan sekalain wisata sambil mengenal sejarah.

5. Lubang Jepang

Source
Lubang Jepang merupakan sebuah bunker yang dibangun pada saat Jepang menjajah tahun 1942. Fungsinya adalah untuk pertahanan. Cara pembangunan Lubang Jepang ini dikerjakan dengan kerja secara paksa atau romusha.untuk Pekerjanya berasal dari daerah Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. karena Jumlah anak tangganya lumayan banyak jangan mengajak  pengunjung lansia untuk memasukinya.

Untuk masuk ke Lumbang Jepang kamu akan dikenakan Harga tiket masuk Lubang Jepang adalah sekitar Rp 6.000,-. tapi kalau kamu menyewa pemandu wisata maka akan dikenakan tambahan pembayaran sebesar Rp 20.000,-. (disarankan agar supaya kamu memakai jasa pemandu wisata ya karena banyak sekali terowongan dan ruangan disini. ditambah didalam Lubang Jepang mempunyai kemampuan untuk meredam suara dengan baik).

Lubang Jepang mempunyai beberapa ruangan di dalamnya, antara lain adalah ruang penyergapan, penjara, ruang pengintaian, sampai dengan gudang senjata. dan sekarang ada tambahan café dan ruangan untuk mini theater. dan yang uniknya lagi, Terowongan ini memiliki ujung atau tembusan ke beberapa lokasi. Jika kamu mau berburu cinderamata khas dari sini, silakan bergeser ke Taman Panorama/Pesona yang memiliki beberapa kios yang menjual cinderamata dengan harga terjangkau.

6. Benteng Fort de Kock

Source
Dahulu nama awal benteng ini adalah Sterrenschans, dibangun  di atas Bukit Jirek. kemudian Kemudian namanya berubah menjadi Fort de Kock, yang diganti Hendrik Merkus de Kock, dia adalah salah satu tokoh militer Belanda. Beberapa tahun kemu­dian, kota di sekitar benteng ini berkembang menjadi sebuah kota yang juga diberi nama Fort de Kock, dengan seiring berjalannya waktu kemudian berganti nama Bukittinggi, sampai sekarang.dan sekarang kawasan Benteng Fort de Kock ini menjadi Taman Kota Bukittinggi atau Bukittinggi City Park dan Taman Burung Tropis atau Tropical Bird Park.tuh buruan kesini sekalian wisata sejarah.

7. Ngarai Sianok

Source
Ngarai Sianok salah satu keindahan nyata yang ada di kota Bukit tinggi, letaknya yang ada di tengah kota bukit tinggi semakinmenjadi daya pesona tersendiri. lembah curam dihiasi sungai dengan aliran airnya yang elok bakal membuat kamu semakin takjub. dengan Jurang yang mempunyai dalam sekitar 100 meter dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 meter. Bentuk lembahnya memanjang dan berkelok-kelok. Ngarai Sianok ini membentang dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai dengan Nagari Sianok Anam Suku dengan ujungnya di Kecamatan Palupuh.

Waktu yang paling tempat buat kamu kalau mau mendapatkan sensasi yang berberda, adalah ketika subuh menjelang pagi. kamu bisa menikmati sensasi menyaksikan kabut yang menyelimuti gunung singgalang yang semakin menepi dan dibawahnya ada pemandangan nan indah dari ngarai sianok. Untuk mendapatkan pemandangan ngarai sianok terbaik, kamu dapat mengunjungi Taman Panorama yang begitu populer bagi masyarakat setempat.

8. Koto Gadang

Source
Berada di kawasang Ngarai Sianok, Tidak jauh dari Lobang Jepang Bukittinggi.selamat datang di Great Wall Koto Gadang, yap ini adalah tembok besar versi Indonesia yang lokasinya ada di Kota Bukit Tinggi. oleh masyarakat setempat disebut janjang saribu yang artinya tangga seribu, dan oleh pemerintah di permak hingga menjadi mirip dengan tembok besar di cina, dengan bangunan tembok yang tebal hingga menjadikannya mirip dengan salah satu keajaiban dunia tersebut. kalau mau melancong kesini siapin energi ekstra yaa...

9. Museum Baanjuang
Source
Kalau mau mengenal budaya Ranah Minang lebih dalam ngak ada salahnya kamu berkunjung ke musium Baajuang. dulunya musium ini bernama Bundo Kanduang. musium ini menjadi tempat untuk menyimpan benda-benda sejarah dan budaya Ranah Minang. Koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang ini termasuk dalam kategori etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan sebagainya.

Yang akan bikin kamu kagum saat berkunjung ke musium ini,  jadi dimusium ini ada awetan binatang dengan kondisi fisik langka, sebagaimana koleksi yang dipajang di vitrin, terdapat kerbau berkepala dua, berkaki delapan, hingga kambing yang bermuka dua. tuuuh, belum ada kan kamu temuin di tempat lain??

10. Musium Bung Hatta
Source
Mengingat sejarah, sebagai Bangsa yang Merdeka haruslah menghargai dan mengingat sejarahnya. jadi sesuai dengan nama dari musium ini, dulunya merupakan  tempat tinggal atau rumah Bung Hatta.jadi kalau kamu berkunjung disini kamu bakalan disuguhkan pemandangan yang dulunya menjadi koleksi Bung Hatta, Diantaranya adalah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, sampai dengan tempat tidur.

Nah kalau kamu mau berkunjung ke musium ini, Jadwal buka musium Bung Hatta adalah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu).penasaran?? mampir kemusium ini deh kalau berkunjung ke Bukit Tinggi.

Demikianlah 10 Objek Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Bukit Tinggi. selamat berlibur dan semoga hari anda semakin membahagiakan kawan. 😀
   

4 Responses to "10 Objek Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Bukit Tinggi"