Welcome to my blog >>> Cakrawala82

11 Aneka Kuliner Khas Palembang Terfavorit

Hay pecinta makan, hehe sama dong kita....

Kalo bicara makan memang ngak ada habisnya, Di Indonesia sendiri dengan begitu banyaknya pulau-pulau, budaya, adat dan bagian-bagian daerah sehingga menjadikan Indonesia beranekaragam ya. memang yang paling manarik bagi pecinta kuliner khas nusantara disetiap daerah di Indonesia pasti ada aja makanan khas nya yang bikin ngiler, tak terkecuali Palembang yang juga memiliki makanan khas. nah berikut adalah aneka kuliner khas Palembang terfavorit yang biasa bikin kamu nagaih. yuuks simak,,,

1. Pempek Palembang
Source
Source
Kalau makanan khas palembang yang satu ini pasti sudah pada tahu, karena sudah banyak sekali penjual yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. eiits tapi jangan salah ya kalau ke Palembang anda harus tetap coba pempek khas Palembangnya asli karena bagaimanapun yang asli asli pasti lebih nikmat. sedikit pengalaman, menurut saya dan saya pernah nyobain pempek yang asli ada di Palembang nih yang dijual oleh penjual yang jalan kaki itu aja rasa ueenak banget beda sama pempek yang ada di kota tempat saya tinggal meskipun nama tempatnya memakai nama "pempek Asli Palembang. jadi jangan sampai ketingglan nyobain pempek Palembang ya kalau ke Palembang.
2. Pindang

Source
Nah masih yang seger-seger nih, rasanya juga nagih banget. bahkan saya selalu ketagihan dengan rasa manis dan asam dari campuran nanas yang ada dipindang ini. dulu sewaktu saya sekolah SD di Oku Timur salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan saya pernah sewaktu mata pelajaran prakarya belajar masak. nah karena guruny adalah asli orang Sumsel jadi ya diajarin masak pindang yang memakai ikan gabus. ngak salah lagi rasanya itu emang sangat lezat, kuah pindang ini sendiri sungguh menggugah selera. nah anda juga harus mencoba pindang kalau anda sedang berada di Palembang, sebagai salah satu makanan yang juga menjadi favorit dan juga merupakan masakan khas tentunya anda harus mencobanya. tidak sulit untuk menemukan makanan ini banyak sekali penjual yang menyediakannya di kota Palembang. namun, jika anda ingin merasakan kenikmatan pindang sambil ditemanai pemandangan jembatan ampera anda bisa menikmatinya di atas perahu-perahu penjual makanan di dekat jembatan ampera. untuk pindang ini sendiri banyak yaa macam bahan dasar yang di gunain, ada pindang patin,banung, gabus dan juga tulang iga. silahkan anda pilih sesuai selera anda.

3. Martabak Har

Source
Source
Martabak Har adalah martabak yang namanya diambil dari nama pemilik toko penjual martabak ini yaotu kepanjangan dari Haji Abdul Rojak. marbatak Har ini yang merupakan salah satu makanan favorit di Palembang sekilas mirip dengan martabak telur akan tetapi sebenarnya berbeda. yang menjadikan perbedaannya adalah Telur di Martabak Har tidak dicampur di dalam martabak, melainkan dibalut bersama kulit martabak yang kemudian disiram dengan kuah kari yang punya rasa rempah kuat, serta dicampur kentang dan potongan daging. penjual martabak Har sendiri sudah lumayan memiliki banyak cabang di kota Palembang. jadi tidaklah sulit menemukannya.

4. Tekwan

Source
Tekwan salah satu kuliner khas Palembang ini juga makanan favorit saya sewakti masih SMP. dijam istirahat tekwan menjadi jajanan pilihan saya. rasanya hemmm lezat, cobain deh kalau ke Palembang. untuk bahanya sendiri tekwan ini mirip dengan pempek yang direbus kemudian dipotong-potong dicampur soun, ada juga jamur kuping , bawang goreng daun sop kemudian diguyur kuah semacam kuah sup. bagi yang suka manis bisa ditambah kecap, sedap.
5. Model
Source
Nah model ini juga salah satu makanan khas Palembang yang menjadi favorit saya. di SMP saya juga sering makan makanan ini di jam istirahat. bedanya kalo model ini didalam bulatan tepung yang sudah di campur ikan halus dan bumbu-bumbu ada potongan tahu didalamnya kemudian disajikan dengan kuah yang nikmat khas Palembang. dan sama dengan tekwan kalo suka manis akan lebih nikmat di tambah kecap.


6. Mie Celor
Source
Mie celor dengan ukuran mie yang besar diracik dan ditambahkan tauge, sledri, daun bawang, bawang goreng dan tidak ketinggalan potongan telor rebus yang kemudian disiram dengan kuah yang dibuat  dari campuran santan dengan udang dan juga bumbu-bumbu khas Palembang akan sangat lezat saat di nikmati.  jika anda tertarik untuk mencicipi mie celor, ada salah satu tempat favorit penjual mie celor di daerah 26 ilir. selamat menikmati.

7. Burgo, Laksan, Lakso dan Ciplungan
Source
Ketiga makanan khas Palembang yang satu ini agak mirip-mirip ya sebenernya karena mereka sama-sama di guyur dengan kuah santan. yang mebedakannya adalah laksan ini sendiri bahanya mirip dengan bahan pembuatan mempek yaitu tepung yang dicampur dengan ikan yang sudah dihaluskan kemudian direbus. kalau burgo terbuat dari tepung beras, sagu, air kapur sirih, dan aneka bumbu lainnya. kemudian kuahnya terbuat juga dari santan yang dicampur dengan daging ikan. cemplungan terbuat dari bahan utamanya juga hampir sama dengan mempek namun yang membedakan adalah penyajiannya tidak dengan kuah cuko melainkan dengan kuah santan yang dicampur daging ikan, daging sapi beserta bumbu-bumbu khas makanan Palembang. dan terakhir ada lakso dengan bahan utama seperti burgo yang membedakannya dalah kuahnya yang dibuat dari santan disampur susu cair, kaldu ayam dan bumbu khas.

8. Es Kacang Merah

Source
Aduuuh saya jadi kepengin, kalo saya pulang ke Oku Timur nih pastikan lewat Palembang dahulu nah waktu mobil berhenti nunggu penumpang nih biasa saya membeli es kacang merah yang ada di pinggir jalan rasanya mak nyusss, nagih deh. jadi kalau kamu ke Palembang jangan lupa ya nikmati sensasi es kacang merah ini. banyak sekali kok penjual es kacang merah di Palembang.


9. Lenggang
Source
Makanan khas Palembang yang satu ini masih merupakan kerabat dekatnya pempek. bedanya adalah lenggang dibuat dari pempek lenjer yang di celupkan kedalam telur, biasanya telur bebek. kemudian akan disajikan dengan di goreng terlebih dahulu atau dibakar. lenggang bisa dimakan secara langsung atau juga nikmat ditambah dengan kuah cuko.

10. Delapan Jam, Maksuba dan Engkak

Source
Saya pernah nyobain kue delapan jam, rasanya legit dan manis dan teksturnya lembut sekali. yang suka manis-manis silahkan dicoba, kuenya enak banget loh.Ketiga makanan khas Palembang ini adalah makanan yang berbentuk kue. jadi ketiga makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh dari Palembang dengan cita rasa yang sangat nikmat. jika anda tertarik untuk membeli Delapan Jam, Maksuba dan Engkak anda bisa membelinya di toko kue Hj. Cekrum yang ada di Palembang.

11. Kerupuk Ikan dan Kemplang Khas Palembang

Source
Yang satu ini, makanan khas Palembang yang awet, murah, ringan dan rasanya gurih. cocok sekali buat oleh-oleh dari Palembang. ada kerupuk ikan dan Kemplang khas Palembang yang jadi favorit kalau saya lagi dari Palembang, rasanya nagih.beda antara keduanya adalah jika kerupuk ikannya digoreng tapi kalo kemplangnya di panggang dan ukuran kemplang lebih lebar. tapi keduanya memiliki cita rasa ikan. biasanya dipinggir jalan lintas banyak sekali penjualnya. dengan cita rasa ikan, kerupuk kkas Palembang ini sangat kaya rasa dan tidak bikin bosan.

Demikian adalah 11 makanan khas Palembang terfavorit yang harus anda coba jika anada sedang di Palembang, jangan sampai anda melewatkannya.

0 Response to "11 Aneka Kuliner Khas Palembang Terfavorit"

Posting Komentar