Welcome to my blog >>> Cakrawala82

10 Makanan Khas Semarang Paling Enak Dan Harus Dicoba


10 Makanan Khas Semarang Paling Enak Dan Harus Dicoba

Inilah Indonesia, dengan segala keragaman yang ada di setiap daerah-daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. kekayaan ini memang sungguh luar biasa. kekayaan aneka ragam makanannya pun sungguh menakjubkan. nah kali ini kita akan membahas makanan khas Semarang paling enak dan harus anda coba saat anda berkunjung ke Semarang. tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, Semarang juga mempunyai makanan khas yang sungguh menggoda untuk di cicipi. nah apa saja sih makanan khas Semarang yang paling enak dan harus dicoba Versi Cakrawala82 >>>

1. Nasi Goreng Babat Gongso 



Makanan khas Semarang yang pertama adalah Nasi Goreng Babat Gongso, ini aduuuh rasanya mak nyus banget. harus di coba kalo sedang di Semarang. Nasi Goreng Babat Gongso ini adalah perpaduan antara nasi dengan pelengkapnya babat yang di racik dengan bumbu-bumbu khas, dan kemudian cendrung dengan warna gelap ini karena penggunaan kecap pada masakan ini.

Nah ada beberapa tempat yang menjual makanan khas Semarang ini yang rasanya mak nyus semua, adalah milik Pak Karmin di Jalan Pemuda, tepatnya di samping Jembatan Mberok. Lalu ada milik Pak Taman dengan alamat di selatan stadion Diponegoro atau depan kantor BPN.

Bagi anda yang tidak suka babat, anda tenang saja selain babat yang di jadikan campuran nasi gorenya ada campuran lainnya yang bisa anda pilih ada  limpa, iso, dan paru rebus. atapun kalau mau menikmatinya tanpa nasi gorengnya juga bisa, misal babat gongsonya saja, tanpa gorengan nasi. Babat yang sudah dimasak akan diurap atau dicampur dengan sambal dan kecap agar bisa langsung disantap atau sebagai teman makan nasi putih biasa. ini juga sangat nikmat.

2. Lumpia Semarang


Kudapan Lumpia, bahkan dimana-mana orang mengenal lumpia Semarang adalah yang paling enak. jadi kalau ke Semarang anda tidak mencoba makanan khas Semarang yang satu ini sudah barang tentu anda rugi.

Karena terkenal dengan cita rasanya yang mak nyus lumpia Semarang menjadi sangay laris manis menjadi kejaran para pencinta makanan. Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Tambahkan cabai dan acar asam, maka rasanya tidak akan pernah anda lupakan. Salah satu Lumpia yang terkenal di Semarang adalah Lumpia Mataram yang mempunyai cabang di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang.



Diracik dari tepung terigu. Kulit tepung terigu tersebut lalu diisi oleh rebung (bambu muda) dan dilengkapi juga dengan telur, udang atau ayam untuk mengimbangi aroma rebung yang menyengat. Disajikan dalam bentuk lumpia kering atau basah. duhh rasakan mak nyus nya makanan khas Semarang yang satu ini.

3. Tahu Gimbal


Makanan khas Semarang yang satu ini sangat favorit saya, dengan cita rasa sambal kacang yang asli bikin lidah goyang terus. makanan khas Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan kemudian disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. mak nyus...

4. Roti Ganjel Rel


Unik bukan nama makanan khas Semarang yang satu ini? eiitss selain namanya unik tapi rasanya juga sangat enak loh. jadi dinamakan roti ganjel rel? Itu dikarenakan tekstur dari roti ini yang keras dan berwarna coklat yang sama seperti bantalan kereta api. Anda bisa mendapatkan roti ini di pusat oleh-oleh yang terletak di Jalan Pandanaran.

Di buat menggunakan tepung tapioka, santan, gula, kayu manis dan air nira. Tidak lupa roti ini diberi taburan wijen di atasnya. sehingga menjadi perpaduan yang enak.

5.  Pisang Plenet


Nah, ini olahan pisang bukan sembarang olahan unik dan rasanya enak. makanan khas Semarang yang bernama pisang planet ini dibuat dari bahan utama pisang, iyaa dong jelas. hihihihi. nah namun spesifikasi khusus pisang yang digunakan adalah pisang kepok raja.

Pisang plenet ini diolah dengan cara dibakar di atas arang lalu ditekan menggunakan papan kecil sehingga pisangnya menjadi pipih. Itulah mengapa disebut pisang plenet karena bentuknya yang pipih.

Uniknya dari jajanan pisang plenet ini sudah memiliki banyak varian rasa sehingga makin mak nyus, yaa rasanya. macam-macam pilihan rasa seperti coklat, nanas, keju, dll. Jajanan ini dijual di gerobak. Anda bisa menemukan pisang plenet di Jalan Pemuda dan pusat jajanan toko Sriratu.

6. Es Conglik


Nah kalau ini yang seger-seger nih. ada Es Conglik yang memiliki rasa sangat menyegarkan pastinya, varian rasa yang bisa anda coba, di antaranya adalah coklat, leci, kopyor, sirsak, belewak, kacang ijo, alpukat dan durian.  Es Conglik terletak di samping hotel Citraland, Simpang Lima.

7. Bandeng Presto


Makanan khas Semarang yang satu ini sudah sangat terkenal juga. ada Bandeng Presto. nih biasany kalau kita makan ikan bandeng paling malas dengan durinya yang super banyak yakan, nah tapi tenang aja olahan Bandeng Presto makanan khas Semarang ini sudah melunak jadi aman dari duri.



Salah satu brand bandeng presto yang terkenal di Semarang adalah Bandeng Juwana. Terletak di Jalan Pandaran 57 dan Jalan Pamularsih 70. Di Bandeng Juwana anda dapat menemukan banyak olahan bandeng di antaranya bandeng presto, otak-otak bandeng dan bandeng asap.
8. Nasi Ayam


Makanan khas Semarang yang selanjutnya ada nasi ayam, yang memang mirip dengan nasi liwet Solo. makanan dengan isi berupa nasi liwet, telur rebus, dan suwiran ayam yang diberi kuah opor serta tambahan sambal goreng jipan. perbedaannya adalah penggunaan lauk pauknya dan juga Perbedaan lainnya adalah nasi liwet menggunakan kuah areh, sedangkan nasi ayam memakai kuah opor kuning.

9. Tahu Pong


Disebut tahu pong karena tahu yang telah digoreng ini pada saat kita gigit didalamnya tidak ada isi apa-apa, pong atau kosong. Tahu pong adalah tahu goreng yang memiliki cita rasa garing dan gurih.

Tahu Pong akan enak disantap saat panas. Lalu dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulekan kasar cabai hijau. Rasanya sungguh membuat ketagihan dan mak nyus banget. Anda bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang terkenal adalah di Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel.

10. Wingko Babat

 Nah Wingko Babat ini merupakan jajanan asli khas Semarang, selain bisa anda jadikan cemilan disana ini juga bisa di jadikan oleh-oleh loh. dan memang Wingko Babat ini sudah sangat terkenal di Semarang. Wingko babat merupakan jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya pun beragam mulai, seperti durian, cokelat, nangka, hingga kelapa muda.

Nah itulah 10 Makanan Khas Semarang Paling Enak Dan Harus Dicoba. selamat mencoba yaa,,,,

0 Response to "10 Makanan Khas Semarang Paling Enak Dan Harus Dicoba"

Posting Komentar