Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Berikut Ragam Budaya Nanggroe Aceh Darussalam

Hay semua para pencinta ilmu dan pengetahuan,,, salam sejahtera buat anda semua!!

Indonesia dengan masing-masing ragam dari Sabang sampai Merauke memang memiliki masing-masing ciri khas ragam budayanya sendiri-sendiri, sangat unik dan harus terus dijaga kelestariannya. 


Baiklah buat anda yang penasaran apa saja ragam budaya dari Nanggroe Aceh Darussalam, baca selengkapnya di bawah ini :


1. Suku
Untuk Suku sendiri berdasarkan informasi dari (Wikipedia) ada13 suku bangsa asli yang dimiliki oleh Aceh. berikut ini paparan mengenai macam-macam suku di Aceh Berdasarkan informasi yang di kutip dari Wikipedia "Yang terbesar adalah Suku Aceh yang mendiami wilayah pesisir mulai dari Langsa di pesisir timur utara sampai dengan Trumon di pesisir barat selatan. Suku lain nya adalah Suku Gayo, Suku Gayo Lut, Suku Gayo Luwes, Suku Gayo Serbe Jadi yang mendiami wilayah pegunungan di tengah Aceh. Selain itu juga dijumpai suku-suku lainnya seperti, Aneuk Jamee di Aceh Selatan, Singkil dan Pakpak di SubulussalamSingkil dan Alas di Aceh TenggaraKluet di Aceh Selatan dan Tamiang di Aceh Tamiang, dan di Pulau Simeulue terdapat Suku Sigulai".

2. Bahasa Daerah
Bahasa yang di gunakan paling banyak di Aceh adalah bahasa "Aceh", namun ada juga beberapa bahasa tradisional yang di gunakan di sini diantaranya ada bahasa Gayo, Alas, Aneuk Jamee, Singkil, Kluet, Melayu Tamiang, Sigulai, Lekon, Devayan dan bahasa Haloban. 

3. Agama
Dari total keseluruhan suku yang menghuni Aceh, agama terbesar yang di anut adalah agama Islam. namun ada juga agama lainnya yang di anut oleh masyarakat Aceh. diantaranya ada penganut agama kristen dan konghucu. 

4. Lagu Daerah
Lagu daerah dari Aceh adalah "Bungong Jeumpa dan Piso Surit".

5. Rumah Adat
Rumoh Aceh (Sumber)
Rumah adat khas Aceh adalah rumah panggung yang terbuat dari kayu, yang biasa disebut dengan sebutan  "Rumoh Aceh". namun, selain rumah tinggal adat dari Aceh juga terdapat rumah sebagai penyimpan padi yang biasa disebut  "Krong Pade" atau "Berandang". 

6. Pakaian Adat 
Pakaian Adat Aceh (sumber)
Adapun pakaian adat yang dimiliki oleh Aceh adalah Pakaian adat Aceh untuk pria disebut Linto Baro, sementara yang untuk wanita disebut Daro Baro. 

7. Tari-tarian Aceh
Tari Saman (sumber)
Aceh sendiri memiliki banyak sekali jenis tarian khas asli dari suku-suku yang tersebar di daerah Aceh, namun tarian yang sudah sangat terkenal adalah tarian "Saman".

8. Senjata Tradisonal

Untuk jenis senjata tradisional khas Aceh adalah senjata yang terbuat dari besi yang biasanya bertuliskan tulisan-tulisan Arab yang biasa di sebut dengan sebutan "Rencong".

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai ragam budaya yang dimiliki dari daerah Aceh. jika anda memiliki saran atau tambahan silahkan anda tulis di kolom komentar di bawah ini, yuuk berbagi. 👇👇🙏😁😁

0 Response to "Berikut Ragam Budaya Nanggroe Aceh Darussalam"

Posting Komentar