Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Ragam Budaya Dari Sumatera Utara


Membahas budaya dari Sumatera Utara, kira-kira apa yang ada di pikiran anda jika ada yang bicara mengenai Sumatera Utara? orang Batak-nya yang terkenal? atau tempat wisatanya yang keren? yups, memang daerah ini sudah tidak diragukan popularitasnya. di Sumatera Utara (Sumut), ada suku yang mendominasi dan sudah sangat terkenal, yaitu "Batak" dan memang objek wisatanya juga tidak kalah menarik.

Lihat Juga : Wisata Alam Danau Toba, Sumatera Utara

Berikut ini adalah pembahasan singkat dan umum mengenai aneka ragam budaya yang ada di Daerah Sumatera Utara :

1. Suku
Suku dari penduduk di Sumatera Utara memang sangat banyak sekali, selain ada suku aslinya namun juga banyak suku pendatang dari daerah lain selain pulau Sumatera. berikut macam suku yang ada di Sumatera Utara yang di kutip dari laman Wikipedia :

-Suku Melayu : Pesisir Timur, terutama di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Langkat
-Suku Batak Karo : Kabupaten Karo
-Suku Batak Toba : Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir
-Suku Batak Mandailing/Angkola : Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas
-Suku Batak Pesisir : Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga
-Suku Batak Simalungun : Kabupaten Simalungun
-Suku Batak Pakpak : Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat
-Suku Nias : Pulau Nias
-Suku Minangkabau : Kota Medan, Kabupaten Asahan, Pesisir Barat
-Suku Aceh : Kota Medan
-Suku Jawa : Pesisir Timur
-Suku Tionghoa : Perkotaan Pesisir Timur & Barat.

2. Bahasa Daerah
Secara umum di Sumatera Utara pada dasarnya dalam aktivitasnya banyak menggunakan bahasa Indonesia. akan tetapi untuk bahasa khas dari daerah ini yaitu ada bahasa Batak, Nias, Melayu, Mandailing, Karo dan lain-lain. bahasa batak sendiri terbagi atas beberapa logatan yaitu Batak Silindung, Samosir, Humbang danToba.

3. Agama
Untuk agama yang di anut oleh penduduk Sumatera Utara ada banyak macam-macam kepercayaan. akan tetapi berdasarkan laman Wikipedia yang merujuk pada sensus 2015 agama yang paling banyak di anut adalah agama Islam dengan persentase 63,91%. kemudian di urutan kedua adalah agama Kristen Protestan dengan persentase sebesar 27,86%. dan agama lain yang juga di anut oleh masyarakat Sumatera Utara adalah berikut : Katolik, Buddha, Hindu, Konghucu dan Parmalim (agama asli yang dianut Bangso Batak sebelum agama Islam, Kristen dan Katolik dianut sebagian besar Batak Toba. Penganut Ugamo Malim disebut Parmalim, pimpinan tertinggi Ugamo Malim adalah Raja Sisingamangaraja I-XII).

4. Lagu Daerah
Untuk lagu daerah sendiri sebenarnya banyak sekali, akan tetapi lagu daerah yang menjadi ciri khas dari daerah ini diantaranya adalah : Butet, Pantun Lama dan Sengko-sengko.

5. Rumah Adat
Sumber
Rumah adat dari Sumatera Utara ini juga memiliki bentuk panggung, yang terbuat dari kayu. ada dua penyebutan rumah adat disini yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. yaitu rumah adat "Parsakitan" dan "Jabu Bolon". Fungsi dari rumah Parsakitan adalah rumah adat yang ada di batak toba dengan fungsi sebagai penyimpan pusaka serta sebagai tempat untuk berkumpul dalam raga mengadaakan pertemuan yang bertujuan untuk membahas mengenai penyelenggaraan adat. sementara Jabu Bolon adalah rumah adat dengan fungsi sebagai tempat berkumpulnya keluarga yang memiliki bentuk rumah panggung, dimana ruang dapur harus lebih rendah dari ruang kamar.

6. Pakaian Adat
sumber
Selaian dari ciri khas pakaian disini ada kain tenun yang menjadi primadona, dengan berbagai macam jenis. kain tenun di daerah ini adalah "Ulos". sementara untuk pakaian adatnya ada banyak macamnya seperti berikut ini :

-Pakaian Adat Batak Toba
sumber

-Pakaian Adat Mandailing
sumber

-Pakaian Adat Nias
sumber

-Pakaian Adat Simalungun
sumber

-Pakaian Adat Pakpak
sumber

-Pakaian Adat Melayu
sumber

-Pakaian Adat Karo
sumber

7. Tari-Tarian Sumatera Utara
Jenis dari tarian di daerah inipun bermacam aneka ragam yang disesuaikan dengan acaranya;
-Tari profan yang dilakukan untuk acara muda-mudi disaat acara yang bertajuk perayaan.
sumber
- Tortor adalah tarian yang biasa dilakukan pada saat acara pernikahan, yang dimana dilakukan oleh seluruh tamu undangan termasuk juga pengantin.
sumber
 -Serampang XII Adalah tarian khas Melayu.
sumber
Selain tiga jenis tarian diatas tentunya masih banyak sekali tarian yang ada di daerah ini. namun pada umumya yang menjadi ciri khas dan sudah sangat familiar  dikalangan masyrakat umum ada 3 jenis tarian tersebut.

8. Senjata Tradisional
sumber
Senjata tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat umum adalah hujur sejenis tombak dan podang sejenis pedang panjang. namun, selain itu ada juga beberapa jenis senjata yang berasal dari Sumatera Utara yang tentunya menjadi kebanggaan dari daerah ini. diantaranya:
-Piso Gaja Dompak
-Tunggal Panaluan
-Hujur Siringis
-Piso Silima Sarung
-Piso Sitolu Sasarung
-Piso Karo
-Piso Gading
- Piso Sanalenggam
-Piso Toba

Itu adalah sedikit pembahsan mengenai aneka ragam budaya dari Sumatera Utara. bagi anda yang ingin menambahkan saran atau tambahan silahkan anda tulis di kolom komentar di bawah ini yaa 👇👇😂😂😃

0 Response to "Ragam Budaya Dari Sumatera Utara"

Posting Komentar