Welcome to my blog >>> Cakrawala82

Ragam Budaya Sumatera Barat


Hay semua, salam sejahtera untuk anda semua,,,,

Buat anda yang sedang mencari seperti apa sih budaya dari Sumatera Barat? nah maka pilihan yang tepat anda berada di laman ini. Sumatera Barat itu masyarakatnya masih sangat memegang teguh budayanya, jadi kalau anda berkunjung kesana anda akan melihat masih begitu lekatnya masyarakat Sumatera Barat dengan budayanya.

Selain budayanya yang sangat menarik dan masih sangat terlaksa dan lesatari, kekayaan alam Sumatera Barat juga sangat indah dan mempesona. sehingga tidaklah heran jika Sumbar merupakan tempat yang menyimpan banyak warisan sejarah dan kekayaan alam bagai surga yang memancing rasa untuk selalu di kunjungi.

lihat juga :  Objek Wisata Lembah Harau Pesona Alam Dari Ranah Minang
                   10 Objek Wisata Bukit Tinggi Yang Harus Di Kunjungi
                   10 Objek Wisata Sawahlunto Yang Harus Di Kunjungi
                   10 Pantai Paling Indah di Sumatera Barat
                   Air Terjun Lubuk Batang, Surga Tersembunyi Di Lima Puluh Kota
                   Objek Wisata Danau Kembar, Pesona Alam Dari Solok

Baiklah, berikut ini sedikit ulasan mengenai ragam budaya dari Sumatera Barat ;


1. Suku
Suku asli dari masyarakat Sumatera Barat adalah suku Minangkabau. namun, selain di diami oleh suku Minangkabau, ada juga suku pendatang yang berdomisili di Sumatera Barat. yaitu di antaranya ada suku Batak, suku Mandailing juga suku Jawa. untuk suku tionghoa hanya terdapat sedikit saja, yang ada do kota-kota besarnya seperti Padang, Bukit Tinggi dll.

2. Bahasa Daerah
Sebagai masyarakat yang mamang masih sangat memegang dan menjalankan kebudayaan dengan baik. dalam kesehariannya mereka menggunakan Bahasa Minangkabau. Bahasa Minangkabau sendiri memiliki beberapa dialek dan berbeda-beda dari masing-masing daerahnya. seperti ada dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Payakumbuh dll.

3. Agama
Agama yang di anut oleh masyarakat Asli Di Sumatera Barat adalah agama Islam, apalagi untuk asli masyarakat Asli Minang Kabau mereka adalah penganut Islam hampir 99,99%. namun, ada juga agama Kristen. Berdasarkan dari laman Wikipedia berikut ini bahwa "Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 98% penduduk Sumatera Barat. Selain itu ada juga yang beragama Kristen terutama di kepulauan Mentawai sekitar 1,6%, Buddha sekitar 0,26%, dan Hindu sekitar 0,01%, yang dianut oleh masyarakat pendatang".

4. Lagu Daerah
Lagu khas Tradisonal dari daerah ini sebenarnya banyak sekali dan lagu-lagu yang di ciptakan dan di nyanyikan oleh artis daerahnya dengan menggunakan bahasa Minang juga sangat banyak. akan tetapi lagu khas yang sudah menjadi umum dikenali masyarakat umum adalah "Ayam Den Lapeh, Kampuang nan Jauah di Mato Dayuang Palinggam dll".

5. Rumah Adat
Rumah Gadang (sumber)
Rumah adat dari Sumatera Barat adalah "Rumah Gadang". yang biasanya di buat dari kayu, namun di jaman modern seperti sekarang rumah gadang sudah banyak dibuat dari bahan yang bervariasi. ciri khas utama dari rumah gadang ini adalah pasti memiliki tonjolan yang melengkung ke atas, nah tonjolan itu disebut dengan nama "gojoang"

Rumah Gadang sendiri mempunyai 2-3 lumbung padi yang memiliki sebutan dan fungsi sendiri-sendiri diantaranya ada "Si Bayo-bayo" yang artinya persedian padi bagi keluarga dari rantau, "Si Tinjau Lauik" padinya untuk diberikan kepada yang tidak mampu dan "Si Tangguang Litak" padinya khusus bagi yang punya rumah.

6. Pakaian Adat
sumber
Pakaian adat dari Sumatera Barat Pada umumnya adalah pakaian yang berbentuk baju kurung.  penyebutan nama pakaian adat untuk pria adalah "baju penghulu" dan untuk wanita adalah "baju kurung".

7. Tarian Sumatera Barat
Tari Piring (sumber)
Tarian dari Sumatera Barat sebenarnya sangat banyak sekali jenisnya. akan tetapi tarian dari Sumatera Barat yang paling banyak di kenal umum dan menjadi ciri tari dari daerah Sumatera Barat adalah tari piring dan tari payung.

8. Senjata Tradisional
Karih (sumber)
Senjata yang sangat terkenal di dan merupakan senajta ciri khas dari daerah ini adalah "Karih".

Demikian adalah sedikit ulasan singkat mengenai ragam budaya dari Sumatera Barat, jika anda ingin menambahkan atau memberi saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya 👇👇😁😃😄

0 Response to "Ragam Budaya Sumatera Barat"

Posting Komentar