Welcome to my blog >>> Cakrawala82

TIPS JITU MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA

TIPS JITU MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA 

Guys, tidak sedikit yang kemudian menjadi uring-uringan karena masalah uang yaa. Makanya di anjurkan untuk membuat sistem keuangan yang bagus nih diantara pasangan. Apalagi bagi pasangan baru, tidak mudah untuk menyelaraskan dua pemikiran menjadi satu. Sering kali rasa curiga satu sama lain timbul. Apalagi masalah uang ya, sensitif dan rawan rusuh. Hihihi

Nah loh, tidak mudah memang mengatur keuangan rumah tangga ya. Terkadang suami taunya hanya mencari dan dalam pikirannya uang harus nyaa sudah terkumpul banyak sampai akhir bulan. Sementara disisi lain suami tidak pernah memikirkan betapa kebutuhan untuk biaya makan, mengurus anak dan kebutuhan rumah lainnya juga sangat banyak. Bingungkan..,

Sebagai ibu rumah tangga yang hidup dijaman modern ini banyak dari wanita memang tidak hanya berdiam diri dirumah bahkan tidak sedikit yang juga ikut bekerja diluar rumah, ada juga yang bisnis online ataupun usaha dirumah. Sangat bagus dan baik karena bisa menyokong kebutuhan hidup. 

Namun, mengatur keuangan tetap menjadi kunci penting dalam hidup ini. Seberapa pun anda semuanya mendapatkan income dala. Sehari atau sebulan akau tidak benar cara mengelolanya makan juga akan habis begitu saja. Ujung-ujungnya ribut dan kecewa. 

Untuk itu berikut tips jitu yang akan saya bagikan kepada anda semua. Semoga membantu anda dalam mengelola keuangan rumah tangga anda dan bermanfaat untuk anda semua. 

1. Memisahkan pendapatan
Dalam hal ini yang di maksud memisahkan pendapatan adalah, kita harus memisahkan pendapatan masing-masing dari sumber manakah uang tersebut anda dapat. Contoh, suami anda baru saja memberikan uang hasil kerjanya kepada anda sebesar Rp. 500.000,- maka anda harus membuat kotak atau tempat khusus untuk itu. Kemudian, misalnya anda mendapatkan uang dari sumber lain, misalnya dari anda berjualan online atau bekerja maka anda juga harud memisahkan uang tersebut.  Bukan untuk perhitungan antara suami istri, namun disini saya tekankan bahwa terkadang suami anda juga ingin tahu rincian uang untuk apa saja. Nah, selanjutnya kita sebagai istri dituntut untuk membelajakan unang itu dengan sehemat mungkin. Usahakan uang pemberian suami anda sebagian untuk dibtabung dan uang yang anda dapat juga sisakan untuk di tabung. 

2. Membeli sesuatu yang dirasa penting
Belilah barang yang dirasa memang di butuhkan, bukan karena tertarik saja. Sebab bisa jadi barang tersebut anda tidak terlalu membutuhkan. Nafsu serakah manusia tidak bisa di plihara. Apalagi kalau pendapatan hanya pas-pasan. 

3. Meminimalkan biaya makan
Biaya makan untuk kebutuhan sehari-hari tidaklah sedikit. Untuk membeli cabe, bawanglah, garamlah, sayur , beras dan lain-lain. Sedikit-sedikit namun bila di kumpulkan bisa saja uang gaji suami mu ludes habis. Belum susu anak atau jajan anak atau bahkan angsuran bagi yang punya angsuran. Nah, disini kita sebagai wanita harus bisa berhemat, misalkan bagi wanita yang kerjanya sambil dari rumah bisa kita sambil membuat kebun mini di pekarangan rumah atau hidroponik bagi yang rumahnya berlahan sempit. Bisa menanam cabai, sayuran dan lain-lain. 

4. Saling terbuka kepada pasangan
Jangan menutupi apapun kebutuhan yang harus dibeli dari suamimu. Namun, diam-diamlah saat kamu memiliki tabungan dari sisa belanja uang yang diberikan suami mu. Kumpulkan sampai tabungan mu menumpuk banyak.  Baru anda beritahu suami mu jika anda ingin suami anda bangga.

5. Jangan sepelekan uang kecil
Usahakan dalam sehari anda harus bisa menyisihkan uang sebagai tabungan masa depan dan berjaga-jaga. Walaupun hanya Rp. 10.000,- . Bayangkan jika anda berhasil mengumpukan uang rp.10.000,- dalam satu tahun sudah berapa! Rp. 3.600.000,- tanpa anda terasa. 

Intinya, berhemat dan menabung itu penting dan sangat mudah kalau kita punya niat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang sudi membacanya.  

0 Response to "TIPS JITU MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA"

Posting Komentar